Wednesday, March 4, 2009

Baby oh Baby

Ini hari aku g jalan umah org itu ngabas ank buah baru.... hehehe... kiut.. Baby bah semestinya kiut... tp, sian dgn baby ya, nya sakit kuning... kuning jak badan nya... Sian ku tgk bah...

Apa sakit kuning ya owhz??

Setauk aku, baby slalu knk sakit kuning... dolok adik aku ada juak knk sakit kuning... seingat aku, time ya mak aku ada berik nya minum air anggur n pg2 mesti baby ya dijemur tgh panas... kesian juak tgk baby ya knk jemur... aku pun msh x faham juak apa yg menyebabkan baby slalu knk sakit kuning... so, disebabkn keinginan ya, aku sharelah apa sakit kuning ya... Check it out!!

Sakit kuning merupakan gejala suatu penyakit atau gangguan organ tubuh kita. Penyakit ini sering merupakan gangguan pada liver, penyumbatan saluran empedu atau disebabkan pemakaian obat-obatan yang mengganggu fungsi hati. Gejala yang terasa ketika sakit kuning adalah warna kuning yang timbul pada kulit dan mata. Sakit kuning ini disebabkan karena warna kuning yang timbul pada kulit dan mata dikarenakan bilirubin yang meningkat. Bilirubin akan dibawa ke liver untuk dimetabolisme tetapi karena ada gangguan pada liver sehingga kerja liver tidak sempurna, maka bilirubin akan meningkat jumlahnya dalam darah dan menyebabkan warna kuning.

Komplikasi Sakit Kuning
Penyakit yang dapat menyebabkan peningkatan bilirubin:
1. Hepatitis
2. Cirrhosis
3. Batu empedu
4. Anemia tertentu
5. Malaria
6. Siphilis
7. Penyakit godgkin
8. Liver immatur pada bayi baru lahir

Dokter akan melakukan pemeriksaan darah dan urine lengkap untuk menentukan pengobatan dan jika pada bayi baru lahir dilakukan fototherapy, sampai livernya cukup memetabolis bilirubin.

Pencegahan
1. Minum air yang sudah dimasak sampai mendidih
2. Makan makanan yang baru dimasak
3. Makan buah-buahan yang baru dikupas
4. Lindungi makanan dari lalat/kecoa/tikus
5. Cuci tangan dengan sabun dan air bersih sesudah dari kamar mandi atau menyiapkan hidangan
6. Hindari tempat makanan yang kurang bersih
7. Jangan menyuburkan tanah dengan pupuk kotoran manusia


0 comments:

Post a Comment